Kamis, 26 Juni 2008

virus d flashdisk

Salah satu problem yang sering menghinggapi beberapa kawan berkaitan dengan masalah virus adalah virus yang bersarang di flash disk. Karena mereka tidak terlalu aware, atau mungkin sensenya kurang, sehingga terkena virus seakan-akan menjadi suatu hal yang lazim.

Saya pernah membaca sebuah artikel, bahwa ada seorang IT geek yang sudah selama 3 tahun, menjalankan komputernya (Windows XP) tanpa antivirus, tanpa anti spyware, dan lain sebagainya, dan setelah dicek, ternyata komputernya bebas virus dan spyware. Outstanding!

Permasalahan yang paling sering terjadi adalah karena kurang perhatian, dan perilaku yang tidak “sehat” ketika beraktivitas dengan dunia komputer (dan internet), akibatnya sering sekali banyak orang dapat dikibuli oleh virus, sense yang mampu merasakan bahwa sebuah ikon sebenarnya adalah virus atau bukan jarang sekali yang nongol, akibatnya, virus yang menyamar bentuk ikon-nya dengan ikon office, ikon winamp, ikon folder, dlsb, langsung disambar dengan dobel klik.

Salah satu cara yang cukup sering dipergunakan oleh virus (lokal kebanyakan) adalah dengan memanfaatkan auto run yang dimiliki oleh Windows. Dengan auto run, ketika kita menancapkan flashdisk kita di port USB PC/Laptop, langsung otomatis memunculkan pilihan menu untuk explore, atau run, atau pilihan yang lain. Terkadang virus menyamarkan bentuk ikon seakan-akan explorer padahal sebenarnya kalau diklik, dia akan mengaktivasi virus yang bersarang di flashdisk tersebut.

Karena itulah, saya tidak pernah memanfaatkan alias “membunuh” fitur Auto Run yang ada di WindowsXP saya, demi menghindarkan diri dari berjalannya virus akibat fitur Auto Run tadi. Lantas bagaimana cara mematikannya? Cukup mudah, bahkan bagi pemula, tapi bagi para pemula yang masih level pemula sekaliiiii…mohon didampingi seseoarang yang sedikit mengerti tentang WindowsXP.

1. Buka regedit (Start - Run - ketik regedit, Enter)
2. Pilih HKCU (HKEY_CURRENT_USER)
3. Pilih Software
4. Pilih Microsoft
5. Pilih Windows
6. Pilih CurrentVersion
7. Pilih Policies
8. Pilih Explorer
9. Set NoDriveTypeAutoRun menjadi 0
10. Retstart Windows (ini yang paling nyebelin dari Windows, harus restart setiap kali implementasi setting)

Setelah direstart, maka semua removable disk (flashdisk, disket, zip), atau CDROM tidak akan lagi menggunakan Auto Run saat dia dipasangkan di port USB atau saat CD dimasukkan ke dalam CD Driv

0 komentar:

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com